Cara Mengatasi Situs Yang Akan Dibuka Berisi Perangkat Lunak Perusak

datalokal

Ketika sedang asik browsing tidak sengaja saya telah menemukan sebuah peringatan dari google yang memberitahukan bahwa “Situs yang akan dibuka berisi perangkat lunak perusak” lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? dan apakah saya aman setelah membuka situs tersebut yang tidak aman dan mengandung program berbahaya?

Dari kedua pernyataan diatas sebenarnya hal ini merupakan kesalahan internal saja terutama pada pengaturan https yang tidak terdeteksi oleh browser yang kamu gunakan untuk browsing misal google chrome, mozilla firefox, opera mini, dan lainnya.

Jadi walaupun begitu apabila kamu memang berkeinginan untuk tetap mengunjungi situs tersebut, anda tidak perlu takut apabila perangkat yang kamu gunakan terinfeksi firus atau malware, karena biasanya hal ini akan terjadi apabila pemilik situs tersebut telah mengaktifkan fitur https di web server terutama pengguna vps sementara ssl yang ia aktifkan tidak terdaftar di ssl jadi browser akan mendeteksi sebagai situs tidak aman.

Tips Untuk Cara Mengatasi Bagi Pemilik Situs Tidak Aman

Bagi pemilik situs web apabila anda telah mengaktifkan fitur https tapi anda tidak ingin pesan ini tampil ketika pengunjung hendak membuka situs anda, lebih baik anda memanfaatkan penyedia sertifikat SSL gratis yang bisa kamu dapatkan dengan mudah lebih tepatnya pada layanan CDN cloudflare yang bersifat unlimited untuk kamu miliki selamanya.

Tetapi sertifikat SSL tersebut masih bersifat shared yang artinya alamat https tersebut setelah kamu pasang pada situs web anda keterangannya masih bagian dari penyedia SSL gratis misal cloudflare tapi hal ini sudah cukup untuk mengatasi apabila anda ingin mengaktifkan https supaya peringatan ini tidak muncul lagi ketika pengunjung akan buka situs anda.

Atau anda juga bisa menonaktifkan fitur https terlebih dahulu karena hal ini apabila kamu biarkan, pengunjung pasti akan mengurungkan niatnya untuk mengunjungi situs anda karena pada umumnya mereka akan menganggap bahwa situs anda dapat menginfeksi perangkat karena virus yang terdapat pada website anda.

Tips Untuk Para Pengunjung Yang Akan Membuka Situs Tidak Aman

Jika kamu memang ingin tahu karena penasaran pada konten yang akan kamu kunjungi situs tidak aman, untuk langkahnya sebenarnya mudah sekali yaitu anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut.

# Langkah Pertama

loading...

1. Silakan klik Detail pada situs yang tidak amansitus yang akan dibuka berisi perangkat lunak perusak
2. Lalu klik mengunjungi situs tidak aman inimengunjungi situs tidak aman

Setelah itu anda akan segera dapat membuka situs yang tidak aman karena kesalahan internal https pada situs web setelah melakukan beberapa hal diatas atau anda juga bisa melalui langkah alternatif berikut.

# Langkah Kedua

1. Rubah https menjadi http pada situs yang tidak aman

2. Setelah itu klik enter atau reload untuk refresh browser

Sebagai contoh begini misalkan saya mau mengunjungi situs https://example.com lalu terdapat keterangan “Situs yang akan dibuka berisi perangkat lunak perusak” maka anda hanya perlu merubah alamatnya dengan http://example.com setelah itu anda akan berhasil buka apabila situs tersebut tidak mengaktifkan pengalihan http ke https.

Setelah anda sudah berhasil membuka pada situs yang tidak aman, lebih baik anda jangan pernah memasukkan kata sandi atau melakukan klik link apapun terutama pada link download karena biasanya program jahat yang terdapat virus malware disisipkan disana dan apabila kamu install maka kemungkinan besar perangkat anda seperti laptop, komputer pc, atau hp nanti akan rusak karena terinfeksi oleh program atau aplikasi tersebut.

Jadi saran saya lebih baik kamu hanya perlu mengunjunginya saja kalau misalkan situs tersebut memang situs web phising, ingat jangan pernah sekalipun untuk mencoba memasukkan semua kata sandi pada akun email dan sosial media atau bisa juga mendownload aplikasi atau software lalu menginstallnya karena browser anda sendiri sudah memperingatkan bahwa halaman situs yang kamu buka berbahaya.

loading...