2 Cara Unik mengobati Luka Bakar Agar Tidak Panas Dan Melepuh

Walaupun bukanlah seorang dokter yang ahli dalam mengobati segala penyakit yang sedang diderita sang pasien, saya selaku admin caraterbaru.id juga cukup ahli dalam cara mengobati luka bakar yang mungkin karena terkena knalpot, korek api, dan sebagainya.

Luka bakar memang terasa sangat panas sekali ingin saja rasanya segera menyelupkan ke es pada bagian tubuh yang sedang terbakar dengan harapan rasa panas yang anda derita segera mereda.

mengobati luka bakar agar tidak panas dan melepuh

Gambar dari Lapakherbal.web.id

Namun dengan cara tersebut bukan rasa panas yang reda melainkan akan tambah panas dan terasa perih lagi. Hal ini justru sangat menyakitkan apabila luka bakar yang anda derita terkena air.

Perlu anda perhatikan bahwa jika anda sedang menderita luka bakar oleh sebab apapun, alangkah baiknya segera kamu atasi agar cepat sembuh dan tidak melepuh.

Anehnya dari segala pengobatan luka bakar yang ada, mungkin hanya inilah langkah unik yang saya dapatkan dari pengobatan tradisional nenek saya sewaktu dulu yang berfungsi sebagai obat untuk segera mengatasi bagian tubuh yang terbakar.

1. Rendam Luka Bakar Ke Minyak Tanah

Jika anda baru saja terkena api, air panas, minyak goreng, atau benda logam yang terlalu panas seperti knalpot, panci, dan lainnya. Segera cari minyak tanah sebagai pengganti bisa juga bensin yang bisa kamu dapatkan dari kendaraan bermotor.

Lalu celupkan bagian tubuh yang terbakar dan rendamlah kurang lebih 30 sampai 1 jam hingga rasa panas tersebut hilang dengan sangat cepat.

Jika luka bakar yang terkena di bagian wajah, tangan, paha, betis dan area lainnya yang tidak bisa direndam oleh minyak tanah bisa anda oleskan atau siramkan. Lalu ulangi beberapa kali lagi jika minyak tanah sudah mengering.

Apabila anda melakukan pengobatan dengan menggunakan minyak tanah, anda harus menghindari nyala api karena hal ini bisa saja akan membakar tubuh anda bukannya malah mengobati.

2. Oleskan Bagian Luka Bakar Dengan Pasta Gigi

Saya belum tahu secara pasti apa kandungan bahan kimia yang ada pada pasta gigi. Yang jelas bahwa pasta gigi yang biasanya kamu gunakan untuk menggosok gigi ini juga sangat ampuh untuk menyembuhkan luka bakar.

Caranya cukup oleskan pasta gigi di bagian tubuh yang sekarang baru saja terbakar dan melepuh lalu diamkan selama 6 hingga 12 jam lamanya.

Lakukan pengobatan ini secara teratur maksudnya anda harus rutin mengoleskan pasta gigi ke tubuh yang terbakar hingga rasa panas dan melepuh akan segera hilang dengan sendirinya.

Hal yang perlu kamu ketahui bahwa mengobati luka bakar dengan menggunakan pasta gigi memang agak lama tidak secepat ketika anda mengobatinya dengan minyak tanah.

Namun dengan cara demikian juga cukup untuk menghilangkan rasa panas dan mencegah luka bakar melepuh walaupun khasiatnya tidak seampuh minyak tanah sebagai obat luka bakar.

Perhatian! Jika luka bakar yang anda derita sangat parah, langsung saja bawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang intensif.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya berikan pada cara mengobati luka bakar agar tidak panas dan melepuh. Semoga bisa bermanfaat.