Cara Membuat Short Url Sendiri Di WordPress Dengan Plugin Gratis

datalokal

Cara Membuat Short Url Di WordPress – Banyak sekali plugin wp yang bisa anda gunakan gratis untuk memperpendek url link internal dan link eksternal yang panjang dengan auto redirect header temporary 302 , 307 , dan 301 yang bisa kalian buat dengan cepat dan mudah.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan  membuat short url dapat memungkinkan blog wordpress untuk mencegah broken link terutama pada link eksternal, menyembunyikan link afiliasi, dan meredirect url postingan wordpress lama yang dihapus dengan yang baru.

membuat short url sendiri di wordpress

Gambar dari Mythemeshop.com

Keunggulan memiliki short url sendiri pastinya akan terlihat professional daripada anda memperpendek url di goo.gl, bit.ly, dan semacamnya karena short url yang tercipta adalah domain anda sendiri.

Pada bagian ini saya akan memberikan panduan langkah cara buat short url dengan plugin gratis yang bisa kamu download di directory plugin atau dasbor blog wordpress anda. langkahnya simak saja artikel dibawah ini.

Install Plugin Url Shortener Dari MyThemeshop

Langkah pertama anda pastinya membutuhkan sebuah plugin yang mudah digunakan untuk membuat short url sendiri. sedangkan nama plugin-nya adalah url shortener by mythemeshop yang memiliki pengguna aktif sekitar 1 ribuan.

Cara menginstall plugin url shortener, lebih mudahnya akan saya berikan panduan installasi melalui dasbor wordpress jadi silakan langsung tuju saja Plugin => Tambah Baru => Lalu ketik di pencarian url shortener.install url shortener by mythemeshopSelanjutnya jika sudah ditemukan klik Install Sekarang tunggu proses download sedang berlangsung dan setelahnya kamu klik saja Aktifkan untuk mengaktifkan plugin url shortener mythemeshop ini.

loading...

Cara Membuat Short Url Di WordPress Sendiri

Setelah sudah mengaktifkan plugin url shortener, langkah untuk membuatnya bukalah menu Short Link => Add Links nanti akan menuju ke halaman pembuatan perpendek url.

Langkah memperpendek link dengan plugin url shortener:

#Redirectionmembuat link pendek di plugin url shortener

  • Short Link: Buat url pendek dari link yang akan kamu perpendek url-nya
  • Redirect To: Masukkan target url panjang yang akan pendekan
  • Redirection Method: pilihlah metode redirect 302, 307, atau 301

#Advanced

  • Title: Buatlah atribut judul default untuk short url yang telah anda buat
  • Anchor Text: Buat teks tulisan apabila link di postingan terbaca url-nya saja
  • New Windows: Centang untuk buat link open new tab ketika di klik
  • Nofollow Link: Centang untuk buat link atribut rel=”nofollow”
  • Forward Parameters: Centang untuk meneruskan parameter GET ke tujuan
  • Remove Referrer: Centang untuk buat link atribut rel=”noreferrer”

#Replacements

  • Replace URL: Masukkan link target postingan untuk mengubahnya menjadi short url
  • Replace Keyword: Masukkan kata kunci untuk menyisipkan short url otomatis di postingan

Langkah terakhir jika sudah membuat short url yang nantinya akan mengarah ke sebuah link panjang yang anda inginkan sudah sesuai, klik saja Add Link untuk membuatnya.

Setelah short url sudah selesai anda buat, silakan kamu Copy Code short links yang tercipta. selanjutnya kamu sisipkan pada postingan sesuai dengan anchor text (sebuah kata yang berisi tautan).

DEMO

Lakukan pengujian terlebih dahulu dengan cara mengeklik link yang targetnya short url jika menuju ke halaman yang benar dan tidak mengalami error berarti langkah ini sudah berhasil pastinya.

loading...