Cara Backup Blog WordPress Manual Di Cpanel Shared Hosting

Cara Backup Blog WordPress Di Cpanel – Artikel ini merupakan bagian dalam melakukan pindah hosting lama ke hosting baru dan juga bisa juga pada vps karena untuk bisa melakukan pemindahan blog wordpress terlebih dahulu anda harus membuat folder cadangan yang di simpan pada cpanel atau biasa disebut dengan kata backup bahasa inggris nya untuk selanjutnya silakan download folder tersebut setelah itu dapat kamu upload pada cpanel hosting baru.

Selain hanya untuk pindah hosting, langkah ini juga dapat kamu lakukan apabila nanti pada web hosting yang kamu gunakan untuk menyimpan semua folder, file, gambar, dan database blog wordpress di suspended oleh pihak hosting tersebut alhasil kamu harus kehilangan semua data-data yang sudah kamu bangun menggunakan cms wordpress self hosted dan pastinya kamu akan rugi besar setelahnya.

Supaya anda masih menyimpan blog wordpress cadangan tentunya anda harus melakukan backup sedangkan cara yang saya jelaskan pada artikel ini adalah menggunakan cara manual yaitu anda tidak harus menginstall plugin terlebih dahulu untuk prosesnya sendiri sebenarnya amatlah mudah sekali berikut panduannya.

Backup Semua Folder Dan File Blog WordPress Di Cpanel

1. Silakan masuk ke cpanel hosting anda

2. Cari menu File Manager lalu buka

3. Buka folder public_html

Kalau anda telah menginstall blog wordpress lebih dari satu maka anda hanya perlu membuka folder yang namanya sesuai dengan nama domain anda di public_html jika sudah silakan buka folder domain anda.

4. Lakukan compress pada semua folder dan file blog wordpress

Supaya pada langkah keempat ini lebih mudah dalam melakukan kompresi tentunya saya akan menjelaskan lengkap panduan gambar untuk langkahnya sebagai berikut:cara backup blog wordpress manual di cpanel

  • Klik Pilih Semua atau Select All pada menu File Manager
  • Jika sudah terseleksi semua langsung klik kanan
  • Setelah itu langsung klik Compress

5. Lalu anda akan melihat tampilan popup seperti gambar berikut dan lakukan:pilih format GZiped Tar lalu compress file

  • Pilih format GZipped Tar
  • Lalu klik Compress File
  • Jika sudah berhasil klik Close

Sampai dari langkah ini anda sudah selesai melakukan kompressi semua data-data blog wordpress anda mulai dari folder, file, gambar, dan juga video apabila kamu telah mengupload pada postingan anda.

Untuk melihat hasil compress silakan klik Memuatkan Ulang atau Refresh dan Reload pada menu File Manager kalau sudah selesai nanti berkas backup akan tampil disana.

6. Kalau misalkan anda ingin mendownload berkas file backup dengan format tar.gz ada 2 cara yang bisa anda lakukan yaitu:

  • Klik kanan pada berkas backup.tar.gz lalu pilih Download
  • Buka nama domain anda contoh http://caraterbaru.id/backup.tar.gz

Nama berkas backup.tar.gz sesuai dengan nama berkas dari hasil backup melalui compressi archive jadi silakan cari saja nama berkas yang akhirnya berformat tar.gz

Backup Database MYSQL Blog WordPress Di PhpMyAdmin

1. Karena masih dalam cpanel, buka menu PhpMyadmin

2. Cari nama database yang sesuai dengan nama database blog wordpress anda

3. Jika sudah kamu lakukan langsung klik + namadatabase_mu

Tips bagi yang lupa dengan nama database blog wp anda:

  • Buka File Manager lalu masuk ke public_html
  • Cari file wp-config.php lalu buka
  • Tekan CTRL+F lalu masukkan:

define(‘DB_NAME’,

Setelah sudah langsung klik Enter atau Search hasilnya kurang lebih seperti ini

// ** MySQL settings – You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define(‘DB_NAME’, ‘namadatabase_mu‘);

Tanda yang berwarna merah pada namadatabase_mu merupakan nama database blog wordpress anda langkah ini hanya kamu butuhkan apabila anda telah lupa dengan nama DB dalam waktu pertama kali menginstall wordpress di cpanel.

4. kalau sudah terbuka klik menu Eksporbackup database mysql di phpmyadmin cpanel

  • Metode Ekspor: Cepat – menampilkan opsi minimum
  • Format: Pilih SQL
  • Langkah terakhir klik Kirim

Setelah anda klik Kirim maka secara otomatis anda akan mendownload file backup .sql dari blog wordpress jadi usahakan dalam proses backup database mysql koneksi internet sedang lancar atau sebagai alternatif kamu juga bisa mendownloadnya melalui software IDM supaya apabila terjadi listrik mati, atau koneksi terputus proses download database mysql bisa kamu lanjutkan keesokan harinya hingga selesai.