3 Cara Agar Postingan Blog WordPress Tidak Bisa Di Copy Paste

datalokal

Cara Membuat Postingan Blog WordPress Tidak Bisa Di Copy – Semakin banyaknya copaser yang tidak bertanggung jawab, mendorong pemilik blog wordpress untuk mencari cara agar blog wordpress tidak bisa di copy paste seperti memasang script anti copas dan CTRL+U hal ini merupakan celah yang mungkin anda pertimbangkan supaya blog wp anda anti klik kanan sehingga para copaser mengurungkan niatnya untuk menyalin semua artikel yang anda buat sehingga conten anda akan murni dan di sukai oleh mesin pencari.

Manun tidak hanya itu saja banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan setelah memproteksi konten anda anti klik kanan dan menurut pengalaman saya pribadi saya tidak perlu mengeluh karena sebagian dari isi artikel blog saya telah di copy oleh blog lain sebenarnya sih tidak masalah tapi yang menjadi masalah apakah blog yang telah mengcopy artikel itu dapat bertahan lama? tentunya tidak mungkin hanya mampu bertahan 1 – 3 bulan saja apabila artikel yang terbukti telah mengcopy tersebut telah di laporkan ke pihak DMCA google.

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar blog wordpress anda anti copas hal ini nanti akan mencakup keseluruhan dari isi postingan blog dan sebagian yang dapat di copas.

Cara Membuat Blog WordPress Tidak Bisa Di Copy Paste

cara agar blog wordpress tidak bisa di copy paste
karena semakin banyaknya cara yang dapat kamu lakukan, maka pada artikel ini telah saya berikan semuanya jadi anda tinggal pilih langkah mana yang menurut anda paling ampuh.

1. Menggunakan Kode CSS Anti Copas

Langkah pertama ini sebenarnya yang paling ampuh supaya blog wp anda tidak bisa di copas yaitu dengan memasang kode CSS yang berfungsi menonaktifkan klik kanan.

Untuk kodenya silakan salin semua kode CSS dibawah ini

body{display:block;
-khtml-user-select:none;
-webkit-user-select:none;
-moz-user-select:none;
-ms-user-select:none;
-o-user-select:none;
user-select:none;
unselectable:on;}

Setelah anda sudah memasang kode tersebut di CSS maka nanti semua keseluruhan dari tulisan artikel dan gambar postingan sudah anti klik kanan sehingga artikel tidak bisa di salin semua.

Tapi apabila anda juga ingin sebagaian artikel anda dapat di copy paste oleh pengguna saya ambil contoh di artikel postingan blockquote anda cukup memasang kode CSS berikut.

.entry blockquote{display:block;
-khtml-user-select:text;
-webkit-user-select:text;
-moz-user-select:text;
-ms-user-select:text;
-o-user-select:text;
user-select:text;
unselectable:off;}

Untuk memasang kode CSS diatas pada blog wp silakan masuk ke Appearance => Editor atau Tampilan => Penyunting jika sudah masukkan semua kode CSS tersebut kedalam CSS template wordpress jika sudah Update File atau Perbarui Berkas.

Tepat pada blog ini saya telah menggunakan cara ini coba lihat pada artikel blockquote dapat kamu salin dengan mudah sedangkan yang lainnya tidak bisa di klik kanan namun ada sisi kelemahannya yaitu pada fungsi CTRL+U dan CTRL+… lainnya masih aktif.

loading...

2. Menggunakan Kode Javascript Anti Copas

Lanjut ke langkah kedua yaitu anda juga dapat memasang kode javascript supaya blog wp anda tidak dapat di copy paste semuanya dan mengenai script nya silakan salin semua kode js berikut

<script async=”async” type=”text/javascript”>
function disableSelection(target){
if (typeof target.onselectstart!=”undefined”) //IE route
target.onselectstart=function(){return false}
else if (typeof target.style.MozUserSelect!=”undefined”) //Firefox route
target.style.MozUserSelect=”none”
else //All other route (ie: Opera)
target.onmousedown=function(){return false}
target.style.cursor = “default”
}
</script>

Cara meletakkan kode script diatas silakan buka Appearance => Editor atau untuk bahasa indonesia Tampilan => Penyunting setelah itu cari file header.php jika sudah kamu temukan masukkan semua tepat diatas kode </head> lalu klik Update File atau Perbarui Berkas.

Sumber kode css dan javascript dari: http://strukturkode.blogspot.com

3. Pasang Plugin Wp Content Copy Protection

Apabila anda tidak perlu bersusah payah dalam melakukan kedua langkah diatas, anda cukup menginstall plugin yang bernama “WP Content Copy Protection” kedalam blog wp anda setelah itu coba aktifkan nanti semua isi berupa teks dari artikel dan gambar postingan tidak bisa di salin.

Keampuhan dari plugin ini sudah saya rasakan sebelumnya yaitu selain dapat menonaktifkan fungsi klik kanan, plugin ini juga berfungsi untuk mendisable akses ke fungsi CTRL+ A, C, X, U, S dan bagi yang mau menggunakan langkah ini silakan download pluginnya secara gratis disini

Setelah anda sudah melakukan salah satu langkah yang sudah saya berikan dari 3 langkah diatas, proses selanjutnya adalah silakan lakukan pengaturan seperti pada panduan berikut.

Ubah Pengaturan RRS Feed Atau Umpan Situs Menjadi Ringkasan

Dengan melakukan pengaturan ini hanya untuk mencegah saja karena biasanya apabila blog anda telah terdaftar di feedburner keseluruhan artikel masih dapat di copy secara otomatis oleh blog lain dengan memanfaatkan media feed biasanya blog ini adalah blog AGC dan sejenisnya nah sebelum hal tersebut sudah terjadi, anda cukup melakukan beberapa pengaturan berikut.

1/ Masuk ke Pengaturan => Pembaca
setting RSS feed atau umpan situs menjadi ringkasan
2/ Pada pengaturan Untuk tiap artikel di dalam umpan, tampilkan pilih Ringkasan

3/ Langkah terakhir klik Simpan Perubahan

Pada dashboard wp saya sudah menggunakan bahasa indonesia jadi apabila anda masih menggunakan bahasa inggris untuk caranya juga sama seperti langkah diatas.

loading...