slot demo

slot demo

slot demo

slot demo

slot77

slot88

janji gacor

slot gacor

slot resmi

live draw hk

toto macau

slot thailand

slot 4d

slot thailand

slot qris

akun pro thailand

slot maxwin.

slot thailand

slot demo

slot thailand

slot777

slot demo

slot thailand

slot demo

slot terpercaya

slot777

Konfigurasi elektron N=1s2 2s2 2p3 Cl=1s2 2s2 2p6 3s2 3p5 Bentuk molekul dari senyawa yang terjadi jika kedua unsur tersebut berikatan sesuai aturan adalah - Cara Terbaru

Konfigurasi elektron N=1s2 2s2 2p3 Cl=1s2 2s2 2p6 3s2 3p5 Bentuk molekul dari senyawa yang terjadi jika kedua unsur tersebut berikatan sesuai aturan adalah


Konfigurasi elektron N=1s2 2s2 2p3 Cl=1s2 2s2 2p6 3s2 3p5 Bentuk molekul dari senyawa yang terjadi jika kedua unsur tersebut berikatan sesuai aturan adalah

Bentuk molekul senyawa NCl₃ adalah trigonal piramida

Pembahasan

\boxed{\boxed{\bold{Ikatan~Kimia}}}

\mathbf{Kestabilan~Unsur }

Pada tahun 1916, ilmuan bernama Lewis dan Langmuir menyatakan bahwa unsur gas mulia sukar untuk bereaksi dengan unsur yang lainnya ataupun dengan unsur sejenisnya, hal ini karena elektron valensinya sudah penuh. Sehingga unsur yang paling stabil adalah unsur gas mulia (golongan VIIIA). Pada konfigurasi elektron gas mulia, elektron valensi gas mulia sudah penuh yaitu delapan (oktet) kecuali He yaitu dua (duplet.).

₂He = 2

₁₀Ne = 2. 8

₁₈Ar = 2. 8. 8

₃₆Kr = 2. 8. 18. 8

₅₄Xe = 2. 8. 18. 18. 8

₈₆Rn = 2. 8. 18. 32. 18. 8

\mathbf{Struktur~Lewis }

Susunan elektron valensi suatu atom yang digambarkan dengan menggunakan titik (dot). Struktur lewis digambarkan dengan menggunakan titik (dot) yang mengelilingi simbol unsur pada masing-masing sisi yaitu kanan, kiri, atas, dan bawah.

\boxed{\boxed{\bold{Ikatan~Kovalen}}}

Ikatan kovalen adalah ikatan yang terjadi karen adanya pemakaian elektron bersama antar dua atom. Pemakaian elektron bersama terjadi pada unsur non logam dengan unsur non logam. Proses pembentukan ikatan kovalen digambarkan dengan rumus lewis dari rumus lewis tersebut kita  dapat mengetahui rumus strukturnya dengan cara mengganti sepasang elektron ikatan dengan garis.

\mathbf{Ikatan~Kovalen~Tunggal }

adalah ikatan kovalen yang hanya melibatkan sepasang elektron untuk digunakan bersama artinya setiap atom hanya saling memberikan satu elektron kemudian digunakan bersama-sama. Karena elektron yang terlibat hanya sepasang maka digambarkan dengan satu garis.

\boxed{\boxed{\bold{Diket}}}  

N = 1s² 2s² 2p³

Cl = 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p⁵

\boxed{\boxed{\bold{Ditanya}}}  

Bentuk molekul

\boxed{\boxed{\bold{Jawab}}}  

Proses pembentukan ikatan kovalen antara atom N dengan atom Cl :

Konfigurasi elektron N (Z = 7)  dan Cl (Z = 17)  adalah:

N : 1s² 2s² 2p³

Golongan = 2s² 2p³ = 2 + 3 = VA

Atom N memerlukan 3 elektron untuk mencapai kestabilan oktet/8. Struktur lewis menggambarkan susunan elektron valensi atom sehingga atom N yang mengelilingi terdapat 5 elektron.

Cl : 1s² 2s² 2p⁶ 3s² 3p⁵

Golongan = 3s² 3p = 2 + 5 = VIIA

Atom Cl memerlukan 1 elektron untuk mencapai kestabilan oktet/8 sedangkan struktur lewis pada atom Cl yang mengelilingi terdapat 7 elektron.

Agar atom N dapat mencapai kestabilan, 1 atom N berikatan dengan 3 atom F. Elektron tersebut digunakan bersama – sama untuk saling berikatan (ikatan kovalen).

Gambar Proses pembentukan ikatan kovalen NCl₃ dapat dilihat pada lampiran

Dari gambar struktur lewis, dapat dilihat bahwa pada senyawa NCl₃ terdapat 3 ikatan kovalen tunggal dan 1 pasangan elektron bebas (PEB). Karena pada senyawa NCl₃ memiliki PEB maka termasuk ikatan kovalen polar.

\boxed{\boxed{\bold{Bentuk~Molekul}}}  

Teori Domain Elektron

Untuk menentukan bentuk molekul digunakan teori doman elektron atau teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repulsion). Bentuk molekul menyatakan suatu notasi yang digunakan pada suatu molekul yang menyatakan jumlah PEI (Pasangan elektron Ikatan) dan PEB (Pasangan Elektron Bebas) yang berada di sekitar atom pusat. Jumlah PEB dan PEI pada suatu molekul dapat dilihat dari struktur lewis dari molekul tersebut :

AX_mE_n

dengan,

A = atom pusat

X = PEI

E = PEB

m = jumlah PEI

n = jumlah PEB

maka,

NCl₃

PEI = 3

PEB = 1

===> Tipe bentuk molekul AX₃E

===> Bentuk molekul : Trigonal Piramida

\boxed{\boxed{\bold{Kesimpulan}}}  

Bentuk molekul senyawa NCl₃ adalah trigonal piramida

\mathbf{Pelajari~Lebih~Lanjut }  

 

              \boxed{\bigstar}\boxed{\bold{Semoga~Membantu}}\boxed{\bigstar}              

              \boxed{\bigstar}\boxed{\bold{ionkovalen}}\boxed{\bigstar}

\mathbf{Detil~Jawaban }  

Mapel : Kimia

Bab : Ikatan Kimia

Kelas : X

Semester : 1

Kode : 10.7.4

Kata kunci : ikatan kimia, ikatan kovalen, ikatan kovalen tunggal, pasangan elektron bebas (PEB), pasangan elektron ikatan (PEI), bentuk molekul

Check Also

Hitunglah konsentrasi dari sebyawa h2so4 0.01 m

Hitunglah konsentrasi dari sebyawa h2so4 0.01 m   H+ = a x Ma = 2 …