Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Berformat RAW

Selamat datang! Apakah Anda saat ini sedang mengalami masalah dengan hardisk eksternal Anda yang tiba-tiba berformat RAW? Jangan khawatir, karena Anda berada di tempat yang tepat! Hardisk eksternal yang berformat RAW dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi Anda yang sering menggunakan perangkat ini sebagai tempat penyimpanan data penting. Berbagai penyebab dapat menyebabkan hal ini terjadi. Namun, jangan khawatir! Anda bisa mengikuti tips dan trik sederhana dalam artikel ini untuk memperbaiki hardisk eksternal yang berformat RAW dengan mudah dan cepat!

Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Berformat RAW

Cara Memeriksa Kondisi Hardisk Eksternal RAW

Hardisk eksternal merupakan media penyimpanan yang dapat membantu pengguna untuk menyimpan data dengan kapasitas besar. Akan tetapi, ketika hardisk eksternal kita terkena masalah seperti rusak atau RAW, tentunya hal tersebut menjadi sebuah masalah besar karena dapat mengakibatkan hilangnya seluruh data yang tersimpan. Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut terjadi, cara memeriksa kondisi hardisk eksternal RAW perlu dilakukan dengan cepat.

Langkah pertama dalam memeriksa kondisi hardisk eksternal yang RAW adalah dengan menggunakan software khusus seperti MiniTool Partition Wizard atau EaseUS Data Recovery Wizard. Dengan software tersebut, pengguna dapat melakukan scan untuk mengetahui ketersediaan data yang masih dapat diselamatkan pada hardisk yang bermasalah. Jika masih ada data yang dapat diselamatkan, pengguna dapat memindahkannya ke media penyimpanan yang lainnya sebelum melakukan perbaikan pada hardisk.

Bagi pengguna yang kurang familiar dengan penggunaan software khusus, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan dalam memeriksa kondisi hardisk eksternal RAW adalah melalui Windows Explorer. Caranya adalah dengan terlebih dahulu memasukkan hardisk eksternal ke dalam komputer atau laptop. Selanjutnya, klik kanan pada ikon hardisk eksternal dan pilih “Properties”.

Pada jendela “Properties”, pengguna dapat melihat jumlah kapasitas yang tersedia pada hardisk, jumlah kapasitas yang terpakai, serta jumlah kapasitas yang tidak terpakai. Jika terdapat kapasitas yang tidak dapat digunakan atau tidak terindikasi pada jendela tersebut, maka dapat dipastikan hardisk eksternal sedang mengalami masalah RAW.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan fitur Check Disk yang disediakan oleh sistem operasi Windows. Fitur ini dapat memeriksa dan memperbaiki file sistem dan kesalahan terkait pada hardisk eksternal yang RAW. Caranya adalah dengan mengakses Command Prompt melalui menu Start. Setelah itu, ketikkan perintah “chkdsk X: /f” (tanpa tanda kutip), dimana “X” merupakan huruf yang mengidentifikasi hardisk eksternal pada komputer atau laptop pengguna.

Setelah perintah diketikkan, tekan tombol Enter lalu tunggu sampai proses pemindaian dan perbaikan selesai dilakukan. Dalam beberapa kasus, jika masalah yang terjadi cukup serius, maka pengguna akan diminta untuk memformat hardisk eksternal. Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan seluruh data yang terdapat pada hardisk sudah dipindahkan ke media penyimpanan yang lainnya atau diselamatkan terlebih dahulu menggunakan software khusus seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Dalam kesimpulannya, memeriksa dan memperbaiki hardisk eksternal yang RAW dapat dilakukan dengan menggunakan software khusus, melalui Windows Explorer, ataupun menggunakan fitur Check Disk yang tersedia di sistem operasi Windows. Apapun langkah yang akan dilakukan, pastikan seluruh data yang terdapat pada hardisk sudah diselamatkan terlebih dahulu sebelum melakukan format atau perbaikan pada hardisk tersebut.

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal RAW

Hardisk eksternal yang menjadi raw mungkin menjadi masalah yang sering dialami oleh banyak pengguna hardisk. Masalah ini biasanya terjadi akibat beberapa faktor seperti format disk yang rusak, virus, curian, atau kerusakan fisik. Jika hardisk eksternal Anda tiba-tiba menjadi raw, maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat memperbaikinya dengan beberapa cara. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki hardisk eksternal raw:

1. Gunakan Command Prompt

Anda dapat memperbaiki hardisk eksternal yang raw dengan menggunakan Command Prompt. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R dan kemudian ketik CMD di jendela yang muncul.
  2. Ketik “chkdsk /f [drive letter]” pada baris perintah. Ganti “[drive letter]” dengan huruf dari drive hardisk eksternal Anda. Pastikan untuk mengisi spasi antara “chkdsk” dan “/f” dan juga antara “/f” dan nama drive.
  3. Tekan Enter dan Anda akan ditawarkan untuk menjalankan chkdsk pada saat restart. Klik tombol y untuk melanjutkan dan restart komputer Anda.
  4. Setelah selesai, buka hardisk eksternal Anda dan periksa apakah masih menjadi raw atau tidak.

2. Gunakan TestDisk atau EaseUS

Anda juga dapat menggunakan alat perbaikan hardisk yang tersedia seperti TestDisk atau EaseUS. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan alat ini:

  1. Unduh dan instal salah satu alat tersebut di komputer Anda.
  2. Buka aplikasi tersebut dan pilih hardisk eksternal yang ingin Anda periksa dan perbaiki.
  3. Jika TestDisk menjadi pilihan Anda, pilih partisi yang rusak dan ikuti instruksi di layar untuk mengembalikan hardisk Anda ke kondisi semula.
  4. Jika Anda menggunakan EaseUS, Anda dapat menghapus semua partisi pada hardisk eksternal dan kemudian membuat partisi baru. Setelah itu, coba akses hardisk eksternal tersebut untuk melihat apakah masalahnya sudah teratasi atau belum.

3. Bawa ke Ahli

Jika Anda merasa tidak yakin atau tidak nyaman melakukannya sendiri, Anda selalu dapat membawa hardisk eksternal Anda ke ahli. Ahli akan memeriksa hardisk Anda dengan alat khusus dan memberikan solusi terbaik untuk masalah tersebut.

Meskipun masalah hardisk eksternal yang menjadi raw dapat sulit diatasi, namun masih ada cara untuk memperbaikinya dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengembalikan hardisk eksternal Anda ke kondisi semula dan mengakses kembali data berharga Anda.

Perbaikan Hardisk Eksternal RAW yang Tidak Terbaca

Hardisk eksternal yang tidak terbaca atau terdeteksi sebagai hardisk eksternal raw bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan bagi pengguna hardisk eksternal. Hal tersebut terjadi ketika partisi pada hardisk tersebut rusak atau terdapat bad sector. Penyebab lainnya adalah ketika hardisk tersebut terformat secara tidak sengaja, virus, ataupun kesalahan dalam sistem file.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki hardisk eksternal raw yang tidak terbaca:

1. Jalankan Chkdsk pada Hardisk Eksternal

Cara pertama untuk memperbaiki hardisk eksternal raw yang tidak terbaca adalah dengan menjalankan Chkdsk pada hardisk eksternal tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Sambungkan hardisk eksternal pada komputer
  2. Buka Command Prompt sebagai administrator
  3. Ketikkan perintah “chkdsk : /f” pada Command Prompt
  4. Tunggu proses perbaikan hingga selesai.
  5. Dalam beberapa kasus, proses ini mampu memperbaiki error atau bad sector pada hardisk eksternal, yang dapat menyebabkan hardisk terbaca kembali.

    2. Gunakan Aplikasi Perbaikan Hardisk

    Anda bisa menggunakan aplikasi perbaikan hardisk untuk memperbaiki hardisk eksternal raw yang tidak terbaca. Ada banyak sekali aplikasi yang dapat Anda gunakan seperti “EaseUS Data Recovery Wizard”, “TestDisk”, atau “Recuva”. Pilihlah aplikasi yang paling cocok untuk memperbaiki kerusakan hardisk eksternal Anda.

    Dengan menggunakan aplikasi perbaikan hardisk, Anda dapat memperbaiki atau memulihkan data di dalam hardisk eksternal yang tidak terbaca. Akan tetapi, menggunakan aplikasi ini juga tidak selalu menjamin keberhasilan perbaikan hardisk Anda.

    3. Membuat Partisi Baru pada Hardisk Eksternal

    Jika partisi lama pada hardisk eksternal Anda rusak, maka Anda harus membuat partisi baru pada hardisk tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    1. Buka software “Disk Management” pada Windows
    2. Temukan hardisk eksternal Anda
    3. Delete partisi yang rusak dan kemudian buatlah partisi baru
    4. Format hardisk eksternal
    5. Tunggu proses formatting hingga selesai

    Dalam beberapa kasus, proses pembuatan partisi baru dapat memperbaiki hardisk eksternal yang tidak terbaca menjadi terbaca kembali. Namun, proses ini akan menghapus seluruh data pada hardisk eksternal. Jadi, pastikan Anda membackup data-data Anda sebelum memulai proses ini.

    Itulah beberapa cara untuk memperbaiki hardisk eksternal raw yang tidak terbaca. Upaya perbaikan tersebut bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah hardisk eksternal tidak terbaca.

    Cara Memformat Hardisk Eksternal RAW

    Ketika Anda menghadapi masalah hardisk eksternal yang RAW, ini mungkin menjadi tanda bahwa beberapa sektor di hardisk tersebut telah rusak. Secara teknis, format yang benar akan membuat hardisk kembali ke kondisinya yang normal. Namun, perlu diingat bahwa proses yang tak terkendali dapat menyebabkan hilangnya data yang tersimpan pada hardisk tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat backup data Anda terlebih dahulu sebelum melakukan proses format.

    1. Persiapkan perangkat Anda

    Sebelum memulai proses format, pastikan bahwa seluruh peralatan telah dalam kondisi siap. Koneksi antara hardisk dan komputer harus dalam kondisi baik dan terhubung dengan kencang. Pastikan pula sumber daya listrik yang cukup serta ketersediaan waktu yang cukup agar proses format dapat berjalan lancar.

    2. Pilih Format yang Anda Inginkan

    Setelah mengecek seluruh persiapan, kemudian pilihlah jenis format yang sesuai dengan hardisk eksternal Anda. Terdapat dua pilihan format, yaitu NTFS atau FAT32. NTFS adalah pilihan yang lebih disarankan karena lebih stabil dan memiliki kemampuan kompatibilitas yang lebih baik dibandingkan dengan FAT32. Namun, jika Anda lebih memilih format FAT32, maka pastikan untuk membagi ruang hardisk Anda secara proporsional agar kinerja hardisk dapat optimal.

    3. Gunakan Tool yang Tepat

    Pastikan Anda menggunakan tool bawaan pada sistem operasi Anda yang dapat membantu Anda dalam proses format hardisk eksternal yang RAW. Untuk Windows, gunakanlah tool “Disk Management” yang sudah terintegrasi pada sistem operasi dan akan membantu Anda dalam proses format serta pengaturan partisi secara praktis dan mudah.

    4. Pilih Opsi Quick Format

    Setelah menentukan jenis format dan memilih tool yang akan digunakan, saatnya memulai proses format. Dalam proses ini, pilihlah opsi “Quick Format” karena proses ini akan lebih cepat dan efisien. Pilihan ini juga akan membantu Anda untuk menghemat waktu dan tidak berisiko kehilangan data yang tersimpan pada hardisk eksternal Anda.

    5. Tunggu Hingga Selesai

    Setelah memulai proses format, jangan hentikan proses hingga selesai. Harap bersabar dan tunggu hingga proses format selesai. Jangan putuskan koneksi atau melakukan kegiatan lain yang dapat mengganggu proses format, karena hal ini akan berisiko pada kehilangan data pada hardisk eksternal yang sedang Anda format.

    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memformat hardisk eksternal yang RAW dengan benar dan tidak berisiko pada kehilangan data pada hardisk tersebut. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi fisik dan keteraturan hardisk secara berkala agar terhindar dari kerusakan pada sektor dan kesalahan lain yang dapat mengancam keamanan data Anda.

    Pencegahan Kerusakan Hardisk Eksternal RAW

    Penggunaan hardisk eksternal untuk menyimpan data sekarang ini sangatlah umum dilakukan. Namun, ada beberapa masalah yang dapat terjadi pada hardisk eksternal, salah satunya adalah hardisk menjadi RAW atau tidak terbaca oleh sistem di komputer. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara memperbaiki hardisk eksternal RAW yang bisa kamu lakukan.

    Namun, lebih baik mencegah terjadinya kerusakan pada hardisk eksternal daripada harus memperbaikinya. Berikut adalah beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan:

    1. Lindungi Hardisk Eksternal dari Guncangan Fisik

    Hardisk eksternal memiliki komponen yang cukup sensitif terhadap guncangan fisik, seperti pukulan dan jatuh. Oleh karena itu, pastikan kamu menyimpan hardisk di tempat yang aman dan tidak mudah terjatuh. Gunakan tas atau kotak khusus untuk meletakkan dan membawa hardisk eksternal tersebut.

    2. Hindari Pemakaian yang Berlebihan

    Pemakaian hardisk eksternal yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada hardisk. Usahakan untuk tidak mengoperasikan hardisk eksternal terus-menerus dalam jangka waktu yang lama. Sebaiknya kamu matikan hardisk eksternal setidaknya 30 menit setiap 2-3 jam penggunaan.

    3. Jauhkan dari Sumber Air dan Panas

    Air dan panas dapat mengakibatkan kerusakan pada hardisk eksternal. Pastikan hardisk eksternal kamu tidak terkena air dan jauhkan dari benda yang dapat menyebabkan panas berlebihan, seperti sinar matahari langsung atau radiator laptop. Kamu juga dapat menggunakan penyangga atau alas untuk menjaga agar hardisk eksternal tidak langsung berada di permukaan meja yang panas.

    4. Hindari Mencabut Hardisk Eksternal secara Paksa

    Proses penghapusan data atau transfer data pada hardisk eksternal sebaiknya dilakukan secara benar, dan hindari mencabut hardisk secara paksa tanpa melakukan proses eject terlebih dahulu. Hal tersebut dapat mengakibatkan data yang sedang dipindahkan menjadi korup atau bahkan hardisk rusak.

    5. Lakukan Scan Disk secara Berkala

    Langkah pencegahan terakhir adalah dengan melakukan scan disk secara teratur untuk memeriksa kondisi hardisk eksternal. Scan disk dapat menemukan kerusakan dan mengatasi masalah pada hardisk eksternal sebelum masalah tersebut semakin parah. Jalankan scan disk dengan perangkat bawaan Windows atau menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memperbaiki bad sector dan kerusakan lainnya.

    Dengan menjalankan langkah-langkah pencegahan yang disebutkan di atas, kamu dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan pada hardisk eksternal. Selalu hati-hati saat menggunakan hardisk eksternal dan jangan lupa untuk melakukan backup data secara teratur agar data kamu tetap aman meskipun terjadi kerusakan pada hardisk eksternal.

Saran Video Seputar : Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Berformat RAW

Check Also

Cara Memperbaiki Sensor EOT Beat FI

Selamat datang para pembaca setia kami, kali ini kami akan membahas mengenai cara memperbaiki sensor …