Cara Setting DNS Untuk Mengarahkan Domain Ke IP VPS

cara setting dns untuk mengarahkan domain ke ip vpsSebelum atau sesudah membuat web server atau install control panel pada vps yang anda miliki, supaya domain anda bisa mengarah ke vps tentunya anda harus melakukan beberapa pengaturan yang letaknya berada di tempat pembelian nama domain.

Hal ini memang perlu anda lakukan supaya domain yang akan kamu gunakan bisa mengarah ke web server yang sudah kamu bangun sebelumnya lalu setelahnya kamu bisa membuat blog wordpress ataupun lainnya sesuai kebutuhan yang kamu kehendaki.

Dalam melakukan hal ini, sebenarnya ada dua cara yang bisa kamu lakukan yaitu:

  • Setting DNS domain dan menghubungkan ke alamat ip vps
  • Melalui name server atau (NS) biasanya ns1, ns2, ns3, dan seterusnya

Pada proses pertama sebenarnya sangat mudah sekali untuk kamu lakukan yaitu anda hanya perlu masuk ke web hosting dimana tempat domain yang anda beli setelah itu silakan masuk dan mulailah pengaturan dns untuk anda arahkan ke alamat ip vps.

Sedangkan proses yang kedua juga sangat mudah anda tidak perlu memasukkan ip vps yang anda miliki yaitu cukup menambahkan name server yang mengarah ke tempat pembelian vps anda setelah itu pada web penyedia vps anda silakan arahkan domain yang kamu hubungkan ke alamat ip vps.

Dari kedua langkah tersebut silakan pilih mana yang menurut anda  paling mudah untuk kamu lakukan sendiri mengenai panduannya silakan pelajari berikut.

1. Mengarahkan Domain Ke IP VPS Melalui Setting DNS Record

1. Segera masuk ke web hosting tempat pembelian domain

2. Cari pengaturan DNS setelah itu buat beberapa A record berikutmengarahkan domain ke ip vps melalui setting dns

  • Hostname @ Type A Address/Value alamat_ip_vps
  • Hostname www type A Address/Value alamat_ip_vps
  • Simpan perubahan

# Apabila anda juga ingin menambahkan subdomain, cukup tambahkan A record

  • Hostname subdomain type A Address/Value alamat_ip_vps
  • Simpan perubahan

Pada Hostname subdomain silakan anda ganti sesuai dengan kemauan anda dalam membuat subdomain misalkan subdomain blog, demo, atau lainnya sesuai kebutuhanmu.

Keterangan: pada alamat_ip_vps, silakan masukkan alamat ip vps yang kamu punya supaya domain anda bisa terhubung ke web server yang sudah kamu siapkan.

2. Menambahkan Name Server Ke NS Penyedia VPS Hosting

1. Buka pengaturan Name Server pada control panel domain andamenambahkan name server ke ns penyedia vps hosting

2. Tambahkan beberapa name server sesuai tempat penyedia vps

3. Simpan perubahan

Pada saat menambahkan name server minimal anda harus mengarahkan 2 ns misal ns1.vultr.com, dan ns2.vultr.com jadi apabila tempat penyedia vps anda disuruh menghubungkan lebih dari dua ns, lebih baik anda cukup memasukkan dua ns saja karena langkah ini sudah lebih dari cukup supaya domain anda bisa mengarah ke ip vps.

Dan biasanya setelah anda sudah menambahkan beberapa ns penyedia vps, masih satu langkah lagi yang tidak kamu tinggalkan yaitu mengarahkan domain anda ke ip vps dan untuk caranya juga sama persis pada saat setting dns record.

Baik memilih setting dns record atau name server biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 1X24 jam selama proses propagasi jadi silakan tunggu waktu tersebut sampai domain yang kamu arahkan sudah benar-benar terhubung ke ip vps atau name server.